+ -

Saturday, March 16, 2013

Abu-abu

Gw pernah nanya sama babeh, "Pak, kalo ada orang sedekah dari hasil korupsi, gimana tuh?" babeh tau anaknya udah besar, dan harus udah bisa mikir sendiri. Jadi dia cuma jawab "Jangan memulai sesuatu yang baik dengan sesuatu yang buruk", kalimat ini satu dari beberapa nasehat-nasehat babeh yang bener-bener nyantol di gw.

Waktu kecil, kita belajar apa yang benar & yang salah dari kata "jangan" yang dikeluarin orang tua. Pas mulai besar, apa masih perlu Ibu sama Bapak bilang "jangan" ke kita.  Kita harus udah bisa bedain kan yang benar da yang salah, sering kali karena alesan lingkungan kita jadi nyiptain sendiri area abu-abu, atau bisa dibilang area kompromi. Buat gw untuk hal benar dan salah, ga ada area abu-abu. Dari pesen babeh, yang gw tangkep adalah, hal yang baik kalau dimulai dengan sesuatu yang salah, jatohnya tetep akan salah, dan orang yang udah besar harusnya bisa tanggung jawab sama diri sendiri buat ngebatesin dirinya dari hal-hal yang salah. Orang lain cuma bisa mengingatkan kan?

Kemarin gw baru aja diingetin sama temen gw. Ada satu hal yang gw kerjain, bukan hal yang buruk, tapi waktu temen gw denger cerita gw itu, dia bilang "Lo salah, harusnya itu ga lo kerjain. Itu emang bukan hal buruk, tapi gw tau ada perasaan lain yang bikin lo ngerjain itu. Dan jatohnya itu jadi ga tulus, kebaikan yang dikerjain tanpa ketulusan itu salah. Dan apa yang lo harapkan dari kebaikannya itu juga ga akan baik buat lo" Kurang lebih begitu.

Ternyata emang, hal baik itu ga akan dateng kalo kita tetep berkompromi sama hal yang salah. Sering gw liat atau denger dari cerita orang, ujungnya malah jadi malang. Intinya jangan pernah kompromi sama hal yang salah, kalau mau jadi orang yang lebih baik, jangan pernah secara sadar kerjain hal yang jelas-jelas salah. Apa kita mau jadi salah satu dari orang-orang yang bikin "sesat" diri sendiri?

Gw ga suka area abu-abu, semuanya serba ga pasti, bagian mana yang nyaman dari melakukan hal yang salah, tapi menganggap itu bener? Selalu akan diikutin sama rasa ga tenang.

Agree!!


5 Hang around the corner with ayieeEucil: Abu-abu Gw pernah nanya sama babeh, "Pak, kalo ada orang sedekah dari hasil korupsi, gimana tuh?" babeh tau anaknya udah besar, dan harus ...

No comments:

Post a Comment

< >

About Me